Jangan Mudah Terkejut dan Jangan Mudah Takjub akan segala sesuatu

Maha Suci Engkau ya Allah, tidaklah kami ketahui sesuatu kecuali yang sudah Engkau beritahu pad kami. Sesungguhnya Engkaulah yang Maha Mengetahui lagi Maha Bijaksana
___________________________________________________________Be-SWN

Sejarah Indonesia : 11 Maret

Rangkuman Sejarah Indonesia tanggal 11 Maret.

PERISTIWA :
1. KOI (komite Olimpiade Indonesia) diterima resmi menjadi anggota Komite Olimpiade Internasional (IOC) pada tanggal 11 Maret 1952.
2. Supersemar, Surat Perintah 11 Maret tahun 1966 dari Presiden Sukarno kepada Mayor Jendral Suharto mengambil segala tindakan yang dianggap perlu untuk mengatasi situasi keamanan yang buruk. 
3. Penculikan Lukman Nyoto pada tanggal 11 Maret 1966 dalam kaitannya dengan G30S PKI. Beliau adalah Menteri Negara pada masa pemerintahan Soekarno. Nyoto juga merupakan wakil Ketua CC PKI dan sangat dekat dengan D.N. Aidit. 
4. Kopasgat berubah menjadi Pusat Pasukan Khas TNI Angkatan Udara (PUSPASKHASAU) pada tanggal 11 Maret 1985. 
5. Selesainya pembangunan Masjid Sultan Salahudin Abdul Aziz pada tanggal 11 Maret 1988. 
6. Peresmian kantor pimpinan dan sekretariat perpustakaan Nasional Indonesia ditandai dengan penandatanganan sebuah prasasti marmer oleh Presiden dan Ibu Tien Suharto pada tanggal 11 Maret 1989. 
7. Peluncuran Pertama Kereta api Lodaya pada tanggal 11 Maret 1992 melayani perjalanan koridor Yogyakarta - Bandung. 
8. Vonis Hukuman David Nusa Wijaya, Pada 11 Maret 2002, Pengadilan Negeri Jakarta Barat menghukumnya tiga tahun penjara. Ia adalah seorang pengusaha Indonesia, dan Direktur Utama Bank Umum Servitia (BUS) pada tahun 1998-1999 dan merupakan terpidana dalam kasus korupsi Bantuan Likuiditas Bank Indonesia (BLBI) BUS sejumlah Rp. 1,291 triliun. 
9. Mundurnya Bpk Susilo Bambang Yudoyono sebagai Menko Polkam dalam kabinet gotong royong. Karena merasa tidak dipercaya sama ibu presiden Megawati, maka pada tanggal 11 Maret 2004 beliau melepaskan jabatan tersebut. 


KELAHIRAN dan PENDIRIAN
   Kumaraswamy s/o Duraisamy adalah seorang reformis Hindu dan pemimpin masyarakat Tamil di Indonesia. Beliau lahir pada tanggal 11 Maret 1908, yang mendirikan Deli Hindu Sabah, Asosiasi Pramuka Putra India dan banyak proyek lain yang menguntungkan komunitas Tamil Hindu di Medan.
    SMA Muhammadiyah 3 Jakarta berdiri tanggal 11 Maret 1957 sebagai hasil usaha perintis di dalam lingkungan Muhammadiyah cabang Kebayoran Baru.  
    PT Wijaya Karya (Persero) tbk adalah sebuah Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang bergerak di bidang konstruksi, engineering, perdagangan, real estate dan manufaktur yang dibentuk pada 11 Maret 1960.
    UBAYA merupakan penerus Universitas Trisakti Surabaya yang didirikan pada tahun 1966. Namanya diganti menjadi Universitas Surabaya pada 1968. Hari jadi UBAYA ditetapkan pada 11 Maret 1968. Universitas ini memiliki tiga kampus, kampus 1 berada di Ngagel, kampus 2 berada di Rungkut, dan kampus 3 berada di Trawas.

    Nama Lengkapnya adalah Karina Kartika Sari Dewi Soekarno adalah putri dari pasangan mantan Presiden Indonesia pertama, Ir. Soekarno dan istrinya Ratna Sari Dewi Soekarno. Beliau lahir di Tokyo, Jepang pada tanggal 11 Maret 1967.
    Kartika dibesarkan di Paris, lalu bekerja sebagai wartawan televisi di Tokyo dan kemudian di biro periklanan di New York, dan kemudian di sebuah yayasan di Amerika Serikat sebelum mendirikan KSF (Kartika Soekarno Foundation) yang bertujuan untuk mengembankan pendidikan anak-anak di Indonesia.
6. Suara Karya
    Adalah surat kabar harian di Indonesia yang diterbitkan oleh PT Suara Rakyat Membangun sejak 11 Maret 1971. Surat kabar ini merupakan salah satu corong media Partai Golongan Karya.
    Adalah universitas negeri yang berada di Kota Surakarta. Universitas yang giat membangun ini, menyediakan berbagai paket pendidikan diploma, sarjana, dan pascasarjana. berdiri sejak 11 Maret 1976 yang awalnya merupakan gabungan dari 5 perguruan tinggi yang ada di Surakarta.
8. Berdirinya Persilat
    Pada 11 Maret 1980, Persatuan Pencak Silat Antarbangsa (Persilat) didirikan atas prakarsa Eddie M. Nalapraya (Indonesia), yang saat itu menjabat ketua IPSI. Acara tersebut juga dihadiri oleh perwakilan dari Malaysia, Singapura, dan Brunei Darussalam. Keempat negara itu termasuk Indonesia, ditetapkan sebagai pendiri Persilat.
9. TVRI Jawa Barat
    Adalah stasiun televisi yang berdiri pada tanggal 11 Maret 1987 sebagai TVRI Bandung di kawasan Jawa Barat. Stasiun Televisi Taman Rekreasi digabung dengan Bank Negara Indonesia dan Bank CIMB Niaga antara Matahari Putra Prima Dept. Store dan Supermarket dan lain-lain.  


MENINGGAL
1. H.B. Jassin 
   H.B. Jassin atau nama panjangnya Hans Bague Jassin adalah seorang pengarang, penyunting, dan kritikus sastra ternama dari Indonesia. Beliau meninggal di Jakarta, 11 Maret 2000 pada umur 82 tahun.

2. John Namtilu 
    Petinju nasional yang meninggal dalam pertandingan pada saat melawan Hasan Purba di bekasi 11 Maret 2001. 


Salam, Be-SWN
  

Sejarah Ind: Berikutnya   : 12 Maret
Sejarah Ind: Sebelumnya : 10 Maret 
Catatan Negriku
Gundul - Gundul Pacul
Zaman Jayabaya
Jaranan Tedji

Tidak ada komentar:

Posting Komentar