Jangan Mudah Terkejut dan Jangan Mudah Takjub akan segala sesuatu

Maha Suci Engkau ya Allah, tidaklah kami ketahui sesuatu kecuali yang sudah Engkau beritahu pad kami. Sesungguhnya Engkaulah yang Maha Mengetahui lagi Maha Bijaksana
___________________________________________________________Be-SWN

Sejarah Indonesia : 7 Maret

Rangkuman Sejarah Indonesia Tanggal 7 Maret.

1. Kelahiran
1.1 Organisasi Tri koro Dharmo (Jong Java)

        Jong Java adalah suatu organisasi kepemudaan yang didirikan oleh Satiman Wiriosandjojo di Gedung STOVIA pada tanggal 7 Maret, 1915 dengan nama awal Tri Koro Dharmo (TKD). Perkumpulan pemuda ini didirikannya karena banyak pemuda yang menganggap bahwa Boedi Oetomo dianggap sebagai organisasi elite. TKD berubah menjadi Jong Java pada 1918 dalam kongres I yang diadakan di Solo. 


1.2. Sri Sultan Hamengkubuwono II

     Beliau adalah  raja Kesultanan Yogyakarta yang memerintah selama tiga periode, yaitu 1792 - 1810, 1811 - 1812, dan 1826 - 1828. Pada pemerintahan yang kedua dan ketiga ia dikenal dengan julukan Sultan Sepuh.Raden Mas Sundoro, putra Hamengkubuwana I, Beliau dilahirkan tanggal 7 Maret 1750 saat ayahnya masih menjadi Pangeran Mangkubumi dan melakukan pemberontakan terhadap Surakarta dan VOC. Ketika kedaulatan Hamengkubuwana I mendapat pengakuan dalam perjanjian Giyanti 1755. Beliau juga yang menulis kitab Serat Suryaraja. Nama aslinya adalah

1.3. Mochtar Lubis

       Mochtar Lubis adalah seorang jurnalis dan pengarang ternama asal Indonesia, Sejak zaman pendudukan Jepang. Beliau dilahirkan pada tanggal 7 Maret 1922 di Padang, Sumatra Barat. Beliau turut mendirikan Kantor Berita ANTARA, kemudian mendirikan dan memimpin harian Indonesia Raya yang telah dilarang terbit. Ia mendirikan majalah sastra Horizon bersama kawan - kawannya. 
       Pada waktu pemerintahan rezim Soekarno, Beliau dijebloskan ke dalam penjara hampir sembilan tahun dan baru dibebaskan pada tahun 1966. Pemikirannya selama di penjara, ia tuangkan dalam buku Catatan Subversif (1980). Pernah menjadi Presiden Press Foundation of Asia, anggota Dewan Pimpinan International Association for Cultural Freedom (organisasi CIA), dan anggota World Futures Studies Federation.
       Novelnya, Jalan Tak Ada Ujung (1952 diterjemahkan ke bahasa Inggris oleh A.H. John menjadi A Road With No End, London, 1968), mendapat Hadiah Sastra BMKN 1952; cerpennya Musim Gugur menggondol hadiah majalah KisahPerempuan (1956) mendapatkan Hadiah Sastra Nasional BMKN 1955-1956; novelnya, Harimau! Harimau! (1975), meraih hadiah Yayasan Buku Utama Departeman P & K; dan novelnya Maut dan Cinta (1977) meraih Hadiah Sastra Yayasan Jaya Raya tahun 1979. Selain itu, Mochtar juga menerima Anugerah Sastra Chairil Anwar (1992). tahun 1953; kumpulan cerpennya

1.4. Tanri Abeng

        Tanri Abeng adalah seorang pengusaha Indonesia yang menjabat sebagai Menteri Negara Pendayagunaan BUMN pada Kabinet Pembangunan VII dan Kabinet Reformasi Pembangunan. Beliau di lahirkan pada tanggal 7 Maret 1942di Selayar, Sulawesi Selatan.  


2. Meninggal
2.1. Djaulung Wismar Saragih Sumbayak

    Wismar Saragih adalah Pendeta pertama dari suku asli Simalungun dan seorang Budayawan yang gigih memperjuangkan kemajuan suku Simalungun. Beliau dimeninggal pada tanggal 7 Maret 1968. Sebagian karyanya adalah terjemahan Alkitab dalam Bahasa Simalungun yang membuatnya menjadi orang IndonesiaAlkitab ke dalam bahasa Nusantara (dalam hal ini Simalungun) pertama yang menterjemahkan




2.2. Silas Papare

          Silas Papare adalah seorang pejuang penyatuan Irian Jaya (Papua) ke dalam wilayah Indonesia. Beliau meninggal di Serui, Papau dalam usia 54 tahun, pada tanggal 7 Maret 1973. Beliau termasuk salah seorang pahlawan nasional Indonesia.
        Beliau mendirikan Partai Kemerdekaan Indonesia Irian (PKII) dan pada Pada bulan Oktober 1949, beliau mendirikan Badan Perjuangan Irian di Yogyakarta dalam rangka membantu pemerintah Republik Indonesia untuk memasukkan wilayah Irian Barat ke dalam wilayah RI.


3. Peristiwa 
a. MPRS mencabut mandat Presiden pertama RI Soekarno (1967)
b. Penerbangan 200 Garuda Indonesia jatuh dan terbakar ketika mendarat di Bandara Adisucipto Kota Jogyakarta. Sedikitnya 22 orang tewas (2007).
c. Negara Madura memberi pernyataan dibubarkan dan bergabung ke dalam Republik Indonesia (1950)
d.  Penobatan Hamengkubuwono X sebagai raja (1989) dengan gelar resmi Sampeyan Dalem ingkang Sinuhun Kanjeng Sultan Hamengku Buwana Senapati-ing-Ngalaga Abdurrahman Sayidin Panatagama Khalifatullah ingkang Jumeneng Kaping Sadasa.


Salam, Be-SWN



Sejarah Ind: Berikutnya   : 8 Maret
Sejarah Ind: Sebelumnya : 6 Maret 
Catatan Negriku
Gundul - Gundul Pacul
Zaman Jayabaya
Jaranan Tedji

Tidak ada komentar:

Posting Komentar