Jangan Mudah Terkejut dan Jangan Mudah Takjub akan segala sesuatu

Maha Suci Engkau ya Allah, tidaklah kami ketahui sesuatu kecuali yang sudah Engkau beritahu pad kami. Sesungguhnya Engkaulah yang Maha Mengetahui lagi Maha Bijaksana
___________________________________________________________Be-SWN

Sejarah Indonesia : 8 Maret

Rangkuman sejarah Indonesia tanggal 8 Maret: 

1. Belanda Resmi Menyerah tanpa syarat kepada Jepang

    Melalui Perjanjian Kalijati, pada tanggal 8 Maret 1942, pemerintah kolonial Belanda menyerah tanpa syarat kepada Jepang, yang berarti seruluh persenjataan dan gedung - gedung pemerintahan wilayah jajahan Belanda di Indonesia dialihkan kepada Jepang sepenuhnya,  dan Indonesia resmi dijajah oleh Jepang.  

2. Meninggalnya Dr. Cipto Mangunkusumo 

   Beliau adalah salah satu toko pergerakan kemerdekaan Indonesia yang kemarin telah dibahas di sejarah Indonesia tanggal 4 maret (hari kelahiran beliau), dan dibulan yang sama ini, tepatnya tanggal 8 Maret 1943, beliau meninggal dunia di jakarta dan dimakamkan di TMP ambarawa.

3. Berdirinya Kompleks Parlemen (Gedung DPR/MPR)

     Gedung ini didirikan pada tanggal 8 maret 1965, oleh Presiden Ir. Sukarno, sebagai tempat bertemunya anggota Majelis Permusyawaratan Rakyat, Dewan Perwakilan Daerah, dan Dewan Perwakilan Rakyat. pada waktu yang bersamaan Ir. Sukarno mencetuskan untuk menyelenggarakan CONEFO (Conference of the New Emerging Forces) yang merupakan wadah dari semua New Emerging Forces. Anggota-anggotanya direncanakan terdiri dari negara-negara Asia, Afrika, Amerika Latin, negara-negara Sosialis, negara-negara Komunis, dan semua Progresive Forces dalam kapitalis.

4. Berdirinya Petani Mandiri

    Petani Mandiri atau atau Pergerakan Tani Nelayan Indonesia Mandiri adalah organisasi yang di dirikan pada tanggal 8 Maret 2004. Di dirikan oleh 9 organisasi tani tingkat daerah : 
ORTAJA - Organisasi Tani Jawa Tengah 
PAPANJATI - Paguyuban Petani Jawa Timur 
KSKP - Kesatuan Solidaritas Kesejahteraan Petani. SumSel.
ATN - Aliansi Tani Nelayan. Sulawesi Selatan 
SeTam - Serikat Tani Merdeka. D.I.Yogyakarta dan JaTeng Bag. Sel.
I P L - Ikatan Petani Lampung 
P2TANRA - Persaudaraan Perjuangan Tani Nelayan. Sumatera Barat 
BPPSU - Badan Perjuangan Sumatera Utara 
PATAS - Paguyuban Petani Tatar Sunda Jawa Barat

5.  Pendudukan Benteng Belgica oleh Inggris
     
      Benteng Belgica pada awalnya adalah sebuah benteng yang dibangun oleh bangsa Portugis pada abad 16 di Pulau Neira, Maluku. Pada saat itu, terdapat dua buah benteng di Pulau Neira yaitu Benteng Belgica dan Benteng Nassau. Benteng ini dibangun dengan tujuan untuk menghadapi perlawanan masyarakat Banda yang menentang monopoli perdagangan pala oleh VOC. Tepat pada tanggal 8 Maret 1796, benteng Belgica diserang dan berhasil direbut oleh pasukan Inggris. Sehingga Inggris dengan mudah dapat menguasai Banda.  


Salam, Be-SWN


Sejarah Ind: Berikutnya   : 9 Maret
Sejarah Ind: Sebelumnya : 7 Maret 
Catatan Negriku
Gundul - Gundul Pacul
Zaman Jayabaya
Jaranan Tedji

Tidak ada komentar:

Posting Komentar