Jangan Mudah Terkejut dan Jangan Mudah Takjub akan segala sesuatu

Maha Suci Engkau ya Allah, tidaklah kami ketahui sesuatu kecuali yang sudah Engkau beritahu pad kami. Sesungguhnya Engkaulah yang Maha Mengetahui lagi Maha Bijaksana
___________________________________________________________Be-SWN

Sejarah Indonesia : 9 Maret

Rangkuman sejarah Indonesia tanggal 9 Maret

1. Kelahiran WR. Supratman

    WR. Supratman atau Wage Rudolf Supratman adalah adalah pengarang lagu kebangsaan Indonesia "Indonesia Raya" dan pahlawan nasional Indonesia. Beliau dilahirkan di Jatinegara Batavia, pada Tanggal 9 Maret 1903. Akan tetapi tanggal kelahiran serta tempat dilahirkan ini ada kontroversi karena ada pendapat yang menyatakan Soepratman dilahirkan pada tanggal 19 Maret 1903 di Dukuh Trembelang, Desa Somongari, Kecamatan Kaligesing, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah. Pendapat ini–selain didukung keluarga Soepratman–dikuatkan kep. Pengadilan Negeri Purworejo pada 29 Maret 2007.

2. Perjanjian kalijati.

      Pada 9 Maret 1942, Gubernur Jenderal Jonkheer Tjarda van Starkenborgh Stachouwer bersama Letnan Jenderal Hein ter Poorten, Panglima Tertinggi Tentara India-Belanda datang ke Kalijati dan dimulai perundingan antara Pemerintah Hindia Belanda dengan pihak Tentara Jepang yang dipimpin langsung oleh Letnan Jenderal Imamura. Imamura menyatakan, bahwa Belanda harus menandatangani pernyataan menyerah tanpa syarat. Letnan Jenderal ter Poorten, mewakili Gubernur Jenderal menanda-tangani pernyataan menyerah tanpa syarat. Dengan demikian secara de facto dan de jure, seluruh wilayah bekas Hindia-Belanda sejak itu berada di bawah kekuasaan dan administrasi Jepang. 
      Hari itu juga, tanggal 9 Maret Jenderal Hein ter Poorten memerintahkan kepada seluruh tentara India Belanda untuk juga menyerahkan diri kepada balatentara Kekaisaran Jepang.

3. Hari Tunas Gerakan Pramuka
     
    Tunas Gerakan Pramuka ini adalah cikal bakal atau sejarah adanya Pramuka. Berdasarkan pidato Presiden/Mandataris MPRS Ir. Sukarno, dihadapan para tokoh dan pimpinan yang mewakili organisasi kepanduan yang terdapat di Indonesia pada tanggal 9 Maret 1961 di Istana Negara dan Peristiwa ini kemudian disebut sebagai HARI TUNAS GERAKAN PRAMUKA.

4.  Berdirinya AKBP

      AKBP adalah singkatan dari Akademi Keuangan dan Perbankan "Pembangunan" Padang adalah sebuah perguruan tinggi di provinsi Sumatera Barat, Indonesia tepatnya di kota Padang. Dengan program studi D3 keuangan dan perbankkan. yang didirikan pada tanggal 9 Maret 1972. Perguruan tinggi ini diselenggarakan oleh Yayasan Lembaga Pembangunan Nasional (YLPN).

5. Pembangunan Jalan Tol Jagorawi

    Jalan Tol Jagorawi adalah jalan tol pertama di Indonesia yang mulai dibangun pada tahun 1973, menghubungkan Jakarta-Bogor-Ciawi. Jalan tol sepanjang lebih kurang 60 km ini diresmikan Presiden Soeharto pada tanggal 9 Maret 1978. Saat diresmikan, jalan tol tersebut baru ruas Jakarta-Citeureup saja, dengan karyawan 200 orang. Jalan tol Jagorawi merupakan jalan tol pertama yang didanai APBN dari pinjaman luar negeri, kemudian pengelolaannya diberikan kepada PT. Jasa Marga sebagai modal awal perusahaan tersebut dan merupakan penyertaan pemerintah.

6. Berdirinya STIKIP Muhammadiyah Kotabumi

    STKIP Muhammadiyah Kotabumi Lampung secara resmi berdiri pada tanggal 9 Maret 1975 sebagaimana tertuang dalam SK Mapendapwil Muhammadiyah Provinsi Lampung Nomor E.2/187/1975 dan dikukuhkan dengan Surat Pimpinan Pusat Muhammadiyah yang tertuang dalam Piagam Pendirian Perguruan Tinggi Nomor 023/III.I.P.75/1979 tanggal 19 September 1979. 
     

Sejarah Ind: Sebelumnya :   8 Maret 
Catatan Negriku
Gundul - Gundul Pacul
Zaman Jayabaya
Jaranan Tedji
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar