Jangan Mudah Terkejut dan Jangan Mudah Takjub akan segala sesuatu

Maha Suci Engkau ya Allah, tidaklah kami ketahui sesuatu kecuali yang sudah Engkau beritahu pad kami. Sesungguhnya Engkaulah yang Maha Mengetahui lagi Maha Bijaksana
___________________________________________________________Be-SWN

Sejarah Indonesia : 2 Maret

Rangkuman Sejarah Indonesia tanggal 2 Maret :

1. Berdirinya Perjuangan Rakyat Semesta (PERMESTA)

     Sebuah gerakan sipil dan militer di wilayah Indonesia timur yang dideklarasikan oleh Letkol Ventje Sumual pada tanggal 2 Maret 1957  yang berpusat di kota Makasar. Gerakan ini didirikan untuk memberontak pemerintah pusat dikarenakan ketidak puasan kebijakan pembangunan oleh pemerintah pusat kepada rakyat Sulawesi. Gerakan ini di sebut Pemberontakan Permesta
      Yang dapat di ambil dari cerita ini adalah kebijakan yang sepihak yang dilakukan oleh kita dapat membuat atau memberi kesempatan kepada orang lain untuk melakukan makar dan permusuhan. Kunci penyelesaiannya juga tergantung pada kita. Kalau kita mau memperhatikan, peduli serta dapat menempatkan posisi dan bergandengan tangan, maka tindakan - tindakan makar tersebut akan hilang dengan sendirinya. 


2. Di temukannya Prasasti Adan-adan

        Sebuah prasasti (catatan sejarah dizamannya) yang ditemukan pada tanggal 2 Maret 1992 di sebuah desa Mayangrejo kec. Kalitidu kab Bojonegoro Jawa Timur. Banyaknya prasasti yang ditemukan di wilayah nusantara ini menunjukkan bahwa dahulu kala kebudayaan yang berada di wilayah nusantara ini termasuk sangatlah maju, yang seharusnya kita lanjutkan.


3. Institut Teknologi Bandung (ITB)

       Pada tanggal 2 Maret 1959 Fakultas Teknik, Fakultas Ilmu Pasti dan Ilmu Alam secara Resmi memisahkan diri dari Sekolah Tinggi Teknik (STT) Bandung menjadi Institut Teknologi Bandung (ITB), sekaligus berdirinya ITB yang di dukung dan di resmikan oleh pemerintah Republik Indonesia. sebagai pengemban misi pengabdian ilmu pengetahuan dan teknologi, yang berpijak pada kehidupan nyata di bumi  Indonesia bagi kehidupan dan pembangunan bangsa yang maju dan bermartabat.
        Yang dapat kita ambil dari peresmian ITB ini adalah Semangat perjuangan dalam rangka pengabdian ilmu pengetahuan dan teknologi kepada negeri tercinta yang layak kita dukung dan pupuk terus demi tercapainya kehidupan yang sejahtera.


Salam, Be-SWN



Sejarah Indonesia : 1 Maret 
Catatan Negriku
Gundul - Gundul Pacul
Zaman Jayabaya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar