Jangan Mudah Terkejut dan Jangan Mudah Takjub akan segala sesuatu

Maha Suci Engkau ya Allah, tidaklah kami ketahui sesuatu kecuali yang sudah Engkau beritahu pad kami. Sesungguhnya Engkaulah yang Maha Mengetahui lagi Maha Bijaksana
___________________________________________________________Be-SWN

Sejarah Indonesia : 6 Maret

Rangkuman Sejara Indonesia tanggal 6 Maret

1. Lahirnya Kostrad

       Kostrad singkatan dari Komando Cadangan Strategis TNI Angkatan Darat, adalah bagian dari Bala Pertahanan Pusat yang dimiliki oleh TNI Angkatan Darat. Cikal bakal Kostrad berasal ketika Indonesia pertama kali berurusan dengan isu kemerdekaan Irian Barat pada tahun 1960, dan Kostrad Merupakan inti kekuatan Komando Mandal (operasi trikora).
         Kostrad dibentuk pada 6 Maret 1961 bernama Korra-I/Caduad, berdasarkan surat keputusan Men/pangad No. ML/KPTS 54/3/1961. Kemudian berganti nama menjadi Kostrad pada tahun 1963, dan ditetapkan sebagai Hut Kostrad.

 
2. Pendudukan Jepang atas Gedung pemerintahan Belanda di Jogja

         Jepang berhasil menduduki kota Jogjakarta dari tangan Belanda pada tanggal 6 Maret 1942. Mereka segera menempati gedung-gedung pemerintah yang semula ditempati pemerintah Belanda. Pendudukan tentara Jepang atas kota Yogyakarta berjalan sangat lancar tanpa ada perlawanan. 
         Dengan semboyan Tiga A (Nipon : Cahaya Asia, Pemimpin Asia dan Pelindung Asia), mereka melakukan pawai dengan jalan kaki dan bersepeda bergerak menuju pusat kota Yogyakarta. Hal ini dilakukan untuk menarik simpati rakyat Yogyakarta. 


3. Gempa bumi Sumatera Barat 2007

         Gempa bumi adalah serangkaian gempa bumi berkekuatan 5,8-6,4 skala Richter yang melanda sejumlah kabupaten di provinsi Sumatra Barat, Indonesia pada 6 Maret 2007 mulai pukul 10:49 WIB. Guncangan gempa terasa hingga ke Singapura dan Malaysia. 
          Gempa ini telah  membuat  rumah rusak berat 3.110 buah, rusak sedang 3.437 buah dan rusak ringan 3.551 buah. Untuk Sekolah rusak berat 68 buah, rusak sedang 30 dan rusak ringan 40. Untuk Kantor rusak berat 18 buah, rusak sedang 9 buah dan rusak ringan 10 buah. Untuk Masjid/Mushalla rusak berat 74 buah, rusak sedang 28 buah dan rusak ringan 48 buah.


4. Yonif Linud 432/WSJ menjadi Yonif 2 Linud Kopassus

       Yonif Linud 432/WSJ merupakan singkatan dari Batalyon Infanteri Lintas Udara 432/Waspada Setia Jaya, merupakan bagian dari Brigade Infanteri Lintas Udara 3/Tri Budi Sakti yang merupakan satuan di bawah Kostrad dan bermarkas di Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan.
     Pada tanggal 6 Maret 1985, keluar Keputusan pimpinan ABRI tentang penyederhanaan organisasi TNI AD maka Detasemen Tempur 33 Kopassandha diorganisasi menjadi Yonif 2 Linud Kopassus.


5. Insiden stasiun Bumiayu

       Terjadi pada tanggal 6 Maret 2009 pukul 12.30, 2 gerbong kereta api pengangkut BBM anjlok sekitar 300 meter dari Stasiun Bumiayu. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini.



Catatan Negriku
Gundul - Gundul Pacul
Zaman Jayabaya
Jaranan Tedji

Tidak ada komentar:

Posting Komentar